- Kecerdasan verbal-Linguistik anak-anak yang meninjol dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menggunkan kata-kata dan bahasa dalam berbagai bentuk. Membaca dan menulis dapat dilakukan dan kemampuan ini tercermin pula dalam prestasi mereka.
- Kecerdasan logika-Matematika kemampuan kecerdasan ini tercermin dalam ketajaman melihat pola(model) dan melakukan pendekatan terhadap suatu secara logis. Anak-anak yang kuat dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menghitung yang amat baik dan begitu juga dengan kemampuan sains mereka, serta tergolong oreang-orang yang cenderung melakukan sesuatu dengan sempurna dan sistematis.
- Kecerdasan visualspasial-spasial kecerdasan ini tercermin pada kemampuan untuk membuntuk pada mental modeel, melakukan ataksi dan mengoprasikan model tersebut. Anak yang memiliki kecerdasan ini memilki kemampuan untuk emmvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berfikir melalui gambar. Anak-anak ini berfikir dalam bentuk menghayalkan dan dalam bentuk gambar.
- Keceredasan
gerak tubuh (kinestetik) kecerdasan ini menggunakan tubuh, atau bagian
anggota tubuh untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi. Anak dengan
kecerdasan gerak tubuh memiliki kemampuan koordinasi yang tinggi,
taktik, dan senang menyentuk segala sesuatu. Mereka amat menyukai amat
kegiatan atletik dan lebih senang terjun dalam kegiatan tersebut dari
pada menjadi penonton.
- Kecerdasan musikal-Berirama anak-anak yang peka terhadap bunyi-bunyi non ferbal dalam linhkungan seperti irama, tinggi rendah suara, dan pola nada. Anak yang memiliki kecerdasan musikal senang bersenandung dan dengan mudah dapat mengubah suara-suara menjadi irama. Mereka mudah sekali mengingat melodi.
- Kecerdasan antar diri-interpersonal memiliki kepekaan dan mengerti akan perasaan orang lain anak yang memiliki kecerdasan antar diri yang tinggi biasanya mampu dengan baik bekerja dalam kelompok dan sering berperan sebagai pemimpin.
- Kecerdasan
dalam diri-Intrapersonal memiliki kepekaan akan perasaan yang paling
dalam dari diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri
sendiri. Anak-anak ini biasanya menyimpan catatan-catatan dan hasil
kerja mereka dengan baik dan menikmati kesunyian (menyediakan waktu dan
tempat untuk diri sendiri). Kadang-kadang kemampuan meta kognitif
(mengenai proses berpikir mereka sndiri) diperbaiki. Menyadari akan
emosi mereka sendiri, mampu mengungkapkan perasaan mereka dengan baik.
- Kecerdasan
alam-naturalistik anak akan menjadi seorang pengamat lingkungan yang
baik, menyadari apa bila terjadi perubahan dalam lingkungan, senang
melakukan percobaan, memilah-milah, dan mngelompokkan benda-benda, serta
senang memelihara binatang dan merawat tubuh.
Komentar
1
BalasHapus