KECERDASAN MAJEMUK

Muhigopage-"ayah-Bunda" setiap anak punya satu kecerdasan yang alamiah – entah visual, auditori, kinestetik, dan lain sebagainya; "kenalilah putra putri anda"
 Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini: MATERI KULIAH
  1. Kecerdasan verbal-Linguistik anak-anak yang meninjol dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menggunkan kata-kata dan bahasa dalam berbagai bentuk. Membaca dan menulis dapat dilakukan dan kemampuan ini tercermin pula dalam prestasi mereka.
  2. Kecerdasan logika-Matematika kemampuan kecerdasan ini tercermin dalam ketajaman melihat pola(model) dan melakukan pendekatan terhadap suatu secara logis. Anak-anak yang kuat dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menghitung yang amat baik dan begitu juga dengan kemampuan sains mereka, serta tergolong oreang-orang yang cenderung melakukan sesuatu dengan sempurna dan sistematis. Kecerdasan Logis - Tinta Pendidikan Indonesia
  3. Kecerdasan visualspasial-spasial kecerdasan ini tercermin pada kemampuan untuk membuntuk pada mental modeel, melakukan ataksi dan mengoprasikan model tersebut. Anak yang memiliki kecerdasan ini memilki kemampuan untuk emmvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berfikir melalui gambar. Anak-anak ini berfikir dalam bentuk menghayalkan dan dalam bentuk gambar.
    KECERDASAN VISUAL SPASIAL - ppt download
  4. Keceredasan gerak tubuh (kinestetik) kecerdasan ini menggunakan tubuh, atau bagian anggota tubuh untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi. Anak dengan kecerdasan gerak tubuh memiliki kemampuan koordinasi yang tinggi, taktik, dan senang menyentuk segala sesuatu. Mereka amat menyukai amat kegiatan atletik dan lebih senang terjun dalam kegiatan tersebut dari pada menjadi penonton.
    Kecerdasan Kinestetik - Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Meningkatkannya
  5. Kecerdasan musikal-Berirama anak-anak yang peka terhadap bunyi-bunyi non ferbal dalam linhkungan seperti irama, tinggi rendah suara, dan pola nada. Anak yang memiliki kecerdasan musikal senang bersenandung dan dengan mudah dapat mengubah suara-suara menjadi irama. Mereka mudah sekali mengingat melodi.Kecerdasan Musikal - Tinta Pendidikan Indonesia
  6. Kecerdasan antar diri-interpersonal memiliki kepekaan dan mengerti akan perasaan orang lain anak yang memiliki kecerdasan antar diri yang tinggi biasanya mampu dengan baik bekerja dalam kelompok dan sering berperan sebagai pemimpin.    Cari Tahu tentang Kecerdasan Interpersonal pada Anak di Sini ...
  7. Kecerdasan dalam diri-Intrapersonal memiliki kepekaan akan perasaan yang paling dalam dari diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Anak-anak ini biasanya menyimpan catatan-catatan dan hasil kerja mereka dengan baik dan menikmati kesunyian (menyediakan waktu dan tempat untuk diri sendiri). Kadang-kadang kemampuan meta kognitif (mengenai proses berpikir mereka sndiri) diperbaiki. Menyadari akan emosi mereka sendiri, mampu mengungkapkan perasaan mereka dengan baik.  
    9 Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya
  8. Kecerdasan alam-naturalistik  anak akan menjadi seorang pengamat lingkungan yang baik, menyadari apa bila terjadi perubahan dalam lingkungan, senang melakukan percobaan, memilah-milah, dan mngelompokkan benda-benda, serta senang memelihara binatang dan merawat tubuh.  
    Profesi-Profesi yang Cocok Berdasarkan 9 Jenis Kecerdasan yang ...

Komentar

Posting Komentar